Selasa, 26 Maret 2013

UBUNTU 12.10 VS WINDOWS 8



Ubuntu dan Windows merupakan suatu sistem operasi yang sedang  menjamur di seluruh dunia pada era ini , tidak hanya memberikan konstribusi yang baik kepada para user atau pengguna kedua sistem operasi ini juga  saling bersaing dalam meningkatkan kemampuannya dalam bidang produksi untuk menarik minat pemakainya. Seperti yang kita ketahui Ubuntu merupakan system operasi yang berbasis linux sedangkan Windows merupakan system operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Namun Berikut ini kita akan membahas tentang UBUNTU 12.10 dan WINDOWS 8.
                                                                                                                                                    
UBUNTU 12.10


Salah satu fitur utama dalam versi terbaru ini yaitu kemampuannya untuk mensetting berbagai website sebagai sebuah web app untuk kemudian dipasangkan pada launcher aplikasi. Contohnya: Anda bisa setting Gmail atau Facebook untuk dipasangkan pada launcher, dan mengakses masing-masing website tersebut seperti ketika halnya Anda membuka sebuah aplikasi. Sangat mirip dengan cara kerja aplikasi dalam platform mobile. Selain itu UBUNTU 12.10 ini memiliki fitur baru lainnya yaitu kemampuan untuk menyertakan hasil pencarian online dari akun Anda dalam Dash. Jika sebelumnya Anda hanya bisa melakukan pencarian untuk file-file lokal di dalam OS, maka dalam versi baru ini Anda akan bisa mengetik query apapun dan Ubuntu akan menyertakan hasil pencarian dari akun-akun online Anda, seperti Flickr, Google Drive, dll, selama Anda login ke akun-akun tersebut menggunakan Ubuntu 12.10.

keuntungan dari OS ini yaitu user dapat mendownloadnya secara gratis.



WINDOWS 8






Sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface) ini merupakan produk terbaru dari Microsoft yang mempunyai keunggulan tersendiri baik dari pesaingnya maupun dengan produk sebelumnya. Kelebihannya antara lain :



Lebih ringan   : Windows 8 lebih ringan dibandingkan Windows 7, karena memang system telah dirubah
Task Manager lebih powerfull : Tampilan Task Manager Windows 8 lebih memukau dan sangat terlihat lengkap.
Lock Screen   : Lock screen pada Windows 8 tidak menutup semua program dan dokumen, tidak seperti log off pada windows-windows sebelumnya.
Praktis Buka Aplikasi : Untuk berpindah aplikasi, cukup rapatkan mouse kelayar sebelah kiri, jadi tidak perlu lagi ALT+TAB seperti pada Windows 7.
Pencarian file lebih fleksibel  : Fitur Pencarian pada Windows 8 lebih simpel dan fleksibel.
Optimalkan untuk layar sentuh  : Windows 7 memang telah mendukung Layar Sentuh, namun pada Windows 8 akan lebih dioptimalkan.
Waktu boot yang singkat   : Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.
Sekuriti lebih baik   : Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.

Dan masih banyak lagi kelebihan dari fitur ini. Sekarang tergantung para user mau pilih yang mana sesuai keinginan masing masing karena karena kedua OS tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar