Minggu, 14 Juli 2013

Sampai Kapan Android Mendominasi Pasar OS Dunia?

Jakarta - Saat ini, Android masih berjaya sebagai sistem operasi smartphone terpopuler di dunia. Pertanyaannya, sampai kapan prestasi tersebut bertahan?

Biro riset IDC memperkirakan, Android masih akan memimpin setidaknya empat tahun ke depan atau 2016. Menurut data IDC, pangsa pasar Android saat ini secara global adalah 63,8%.

Posisi kedua masih akan ditempati iOS besutan Apple yang saat ini punya pangsa pasar 18,8%. Dan di sisi lain, Windows Phone dinilai akan menjadi ancaman yang cukup serius meski perkembangannya perlahan-lahan.

"Android diperkirakan tetap di depan, namun kami juga memprediksi Android jadi target utama OS lain. Windows Phone akan meraih banyak pangsa pasar karena para mitra akan lebih berpengalaman menjual hal berbeda yang ditawarkannya," kata Ramon Llamas, Research Manager IDC.

Dilansir V3 dan dikutip detikINET, Rabu (5/12/2012), IDC memproyeksi pangsa pasar Windows Phone menjadi 11% di tahun 2016. Padahal saat ini, market share OS tersebut masih berada di kisaran 2,6%. Dukungan vendor besar akan membantu perkembangan Windows Phone.

Lalu bagaimana dengan nasib BlackBerry? IDC memproyeksi pangsa pasar BlackBerry akan tetap konsisten di atas 4% sampai 4 tahun ke depan. Sebab, masih cukup banyak konsumen yang loyal pada brand ini.




Source: http://inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar