Sabtu, 19 Januari 2013

PERANCANGAN OUTLINE ARTIKEL


OUTLINE ARTIKEL

1.      Ide           : Olahraga
2.      Topik       : Olaraga renang
3.      Tema        : Teknik dan cara berenang
4.      Judul        : Macam-macam gaya dalam olahraga renang
5.      Kerangka :
a.       Pembukaan / pendahuluan
·         Kutipan mengenai olahraga

b.      Isi pembahasan
·         Pengertian olahraga renang
·         Manfaat olahraga renang
·         Jenis-jenis gaya dalam olahraga renang 
·         teknik berenang

c.       Penutup
·         ajakan untuk berolahraga renang

 Macam-macam gaya dalam olahraga renang


                        Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Olahraga juga merupakan salah satu metode penting untuk mereduksi stress. Olahraga juga merupakan suatu perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan mempengaruhi fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit serta stress. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan tersetruktur dengan baik yaitu di antaranya dengan olah raga renang.
                        Berenang adalah salah satu dari beberapa olahraga yang ada di dunia. Berenang itu juga bisa diartikan sebagai gerakan yang kitalakukan saat berada di dalam air tanpa perlengkapan apapun. Olahraga ini sangatlah bagus dibandingkan dengan olahraga yang lain karena saat kita berenang seluruh badan kita akan beraktivitas.
                               
Manfaat olahraga renang bagi kesehatan yaitu di antaranya dapat membantu membangun otot pada bagian jantung anda, menjauhkan anda dari berbagai penyakit, building otot supaya kuat, terutama pada pernafasan, membantu mengurangi nyeri pada sendi. Selain itu secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.
                Dalam olahraga renang terdiri dari beberapa jenis yang di antaranya untuk rekreasi, orang berenang dengan gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya kupu-kupu. Gaya renang yang dilombakan dalam perlombaan renang adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas. Dalam lomba renang nomor gaya bebas, perenang dapat menggunakan berbagai macam gaya renang, kecuali gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupuTidak seperti halnya gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas. Walaupun demikian, hampir semua perenang berenang dengan gaya krol, sehingga gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas.
                Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.
Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi.Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki
Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas.

            gaya punggung, orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.Dalam gaya punggung, gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas, namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.
Gaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Renang merupakan olah raga yang sangat bermanfaat bagi tubuh . Oleh karena itu luangkan sedikit aktivitas untuk  berolahraga renang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar