Senin, 14 Januari 2013

TUGAS 3 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA

         Soal artikel :

1. Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.

2. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.

Penugasan:

1.Tentukan ragam bahasa artikel di atas!

2. Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.

3. Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut.

4. Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.
Jawaban :
1   1.Jika kita amati dan lihat pada kedua artikel diatas, dan dapat disimpulkan bahwa artikel sebut menggunakan kategori ragam bahasa tulis. Ragam tulis dapat berupa ragam tulis yang standar maupun non standar. Dalam ragam bahasa ini, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan) disamping aspek tata bahasa dan kosa kata.
2.Kami gabungkan pilihan kata (diksi) pada artikel 1 dan artikel 2



Kata - kata
Arti
Definisi
User interface
Antarmuka pengguna
Penampilan secara visual terhadap suatu perangkat lunak.
Dashboard
Papan instrumen
Tampilan awal atau halaman awal suatu perangkat lunak.
Switch
Beralih
Peralihan sistem ke suatu. mode tertentu.
File
Berkas
Kumpulan dari suatu data.
data
Data
Bagian dari sebuah berkas yang berisi informasi.
Scanner
Pemindai
Alat yang berfungsi sebagai pemindai gambar secara elektronik.
Optic
Optik
Semacam alat untuk membaca media data penyimpana elektronik.
Digital
Digital
Semacam bentuk dari suatu sistem.
Bias
Simpangan garis
Perubahan simpang garis apabila mengalami transformasi dimensi.
Computer
Komputer
Alat komputasi yang berguna untuk membantu pekerjaan manusia.
Monitor
mengamati
Bagian dari komputer yang menghasilkan tampilan visual dariuser interface suatu perangkat lunak.
Transmisi
Pengiriman/penerusan
Alat yang berguna untuk pengiriman suatu proses interaksi antar sistem.
Industry
Industri
Jenis bidang pekerjaan.
Electronic
Elektronik
Alat-alat yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga.
Integrasi
Penyatuan
Bentuk dari suatu hubungan antar sistem.
Electronic Imaging
Elektronik pencitraan
Proses pencitraan suatu informasi visual secara elektronik
3. Dan perbaikan kata-kata dan kalimat seharusnya :
·         Mengakomodasi -> membantu
·         Bias -> bias
·         Ditransmisikan -> dipindahkan
·         Jembatan ->Penghubung
 Dari Artikel 1 :
            Dari kalimat “ Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), “seharusnya di gunakan tanda baca tanda tanya (?) jangan menggunakan tanda baca titik(.) karena terlihat bawaha kalimat ini menunjukan sebuah pertanyaan.
            Dalam penulisan atau alur pada artikel diatas, seharusnya berurut sesuai yang di bicarakan, karena pada kalimat awal pada artikel diatas membicarakan sebuah user interface, kalimat selanjutnya membahas dashboard mobil sebagai contoh, dan pada kalimat terakhir kembali lagi membicarakan user interface. Lebih baiknya pembahasan pada artikel diatas disusun sesuai alurnya, agar pembaca artikel bisa memahaminya lebih jelas.
Dari Artikel 2 :
            Dari artikel kedua kami hanya melihat sedikit kesalahan pengetikan pada kata “bias”, yang mungkin maksudnya adalah “bisa”. Untuk keseluruhan artikel  kedua ini cukup baik dan informatif dalam penyajiannya.
4.Penentuan Topik Artikel
Artikel Pertama :
            Kalimat topik yang dapat diambil pada artikel pertama diatas ialah “..yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface)
Artikel Kedua :
            Dan kalimat topik yang dapat diambil pada artikel kedua ialah Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya(optic) untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar